Bab 2
Piranti input
1. Pengertian Perangkat Input
Perangkat input merupakan
peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam
komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi
dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh
penggunanya. Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah
perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami oleh
komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk
yang dipahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu
dengan kode-kode binary (binary encoded information). Perangkat input dapat
digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan perangkat
input tidak langsung. Perangkat input langsung yaitu input yang digunakan
langsung diproses di CPU, tanpa melalui media lain. Sedangkan perangkat input
tidak langsung adalah input yang dimasukkan tidak langsung dip roses di CPU
2.
Alat input
Ø
Alat pengetikan :
·
keyboard
merupakan piranti masukan data yangdapat dipakai mengubah huruf,
angka,ataupun kode lain menjadi isyarat listrikyang dapat diproses komputer.Secara
garis besar sistem keyboardbiasanya terdiri atas tombol pengetikan,
angka, fungsi, dan kontrol.
·
ATM (Automatic Teller Machine)
alat
ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uangtunai,pembayaran
berbagai jenis tagihan,transfer uang, dll. ATM bekerja sebagai alat I/O
sekaligus. Sebagai alat input, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN (Personal
Identification Number), angka uang, dll yang tersedia pada menu. Sebagai alat
output, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) melihat perintah maupun kode
dan angka yang diketikkan pada alat input.
·
POS
(Point of Sale )
alat yang
digunakan pada toko untuk memasukkan data pembelian. Biasanya alat ini selain
berisi tombol seperti keyboard, lengkap dengan angka juga masih ditambah
fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit atau kartu debit.
Ø
Alat Penunjuk :
·
MOUSE
Alat
yg digunakan untuk mengatur posisikursor di layar. Dengan menggeser mouse di bidang
datar, kursor dilayar akan bergeser sesuai dg arah dari pergerakan
mouse. Mouse terhubung
dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat padamouse. Ujung kabel
tersebut dimasukkandalam port yang terdapat di CPUkomputer
·
Trackball
memiliki
fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah perintah dari menu
tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar
diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan
bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.
·
Pointing
Stick
Jenis
piranti yang biasa juga disebut stylusatau track point merupakan penunjuk yang berbentuk
seperti penghapus karet pada ujung sebatang pensil yang biasanya terletak pada
bagian tengah laptop. Untuk menggerakkannya dilakukan dengan menekannya dan
menggerakkannya ke arah dikehendaki.
Ø
Alat Pengambilan Gambar :
·
Bar code reader
Barcode
adalah pola garis-garis hitam-putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang
dijual di swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi
penjualan.Bar code reader berfungsi seperti scanner foto elektris yang dapat mengkonversi
data bar code menjadi sinyal digital.
·
Optical mark character
OMR
adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi
bentuk yang dapat digunakan oleh komputer.Piranti ini membaca masukan dengan
bantuan optis, dengan menggali ketebalan tulisan.
·
Optical character recognition
OCR
merupakan piranti yang dapat membaca teks dan mengkonversikannya ke dalam
bentuk kode digital yang nantinya diproses oleh komputer.OCR memiliki kemampuan
untuk membaca data langsung dari kertas biasa dan tanpa menggunakan tinta
magnetik yang khusus.
Ø
Alat
Pengambilan Suara
·
Microphone
Untuk
memasukkan input berupa suara.Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat
keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan
speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
Ø
Alat
Pengambilan Video
·
Kamera Video
Untuk
merekam citra bergerak, digunakan kamera video sebagai masukan komputer.Selain
itu saat ini beberapa kamera digitaljuga memungkinkan untuk membuatberkas film
berdurasi pendek (dalambeberapa detik).
Ø
ALAT
PEMROSES
·
CPU
CPU
merupakan tempat pemroses instruksiinstruksi program, yang pada komputer mikro disebut
dengan micro-processor (pemroses
mikro). Contoh: Intel
80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenaldengan komputer
486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), IntelPentium
II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya CPU
terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit
aritmatika dan logika (ALU).Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat
penyimpan yang berukuran kecil yangdisebut dengan register.
·
CU
(Control Unit) / Unit Kendali
Unit ini bertugas mengatur dan
mengendalikan semua
peralatan
yang ada pada sistem komputertugas dari unit kendali ini adalah:
ü Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
Mengambil instruksi-instruksi
dari memori utama.
ü Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk
diproses.
ü Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika
atau
perbandingan logika serta
mengawasi kerja dari ALU.
ü Menyimpan hasil proses ke memori utama
·
ALU
(Arithmatic and Logic Unit)
Tugas utama dari ALU adalah
melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan
instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU
adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator
logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ), kurang dari
(<), kurang atau sama dengan (<=), lebih besar dari (>), dan lebih
besar atau sama dengan (>= ).
·
Register
Register
merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi,
yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara
data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan
di dalam memori utama.
Secara
analogi, register ini dapat diibaratkan sebagaiingatan di otak bila kita
melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan
sebagai CPU yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yangmengatur seluruh
kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan
perbandingan logika. Tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer,
yaitu:
1. Register, digunakan
untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
2. Main memory,
dipergunakan untuk menyimpan instruksi dandata yang akan diproses dan hasil
pengolahan.
3. Secondary storage,
dipergunakan untuk menyimpan programdan data secara permanen
4.Sebagai tambahan dari
register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyaikecepatan
sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi
waktu yang terbuang.
Tanpa
cache memory, CPU akan menunggu sampaidata atau instruksi diterima dari memori
utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru
proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih
lambat dibandingm kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang.
Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama
dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan
cache memory.
·
MEMORI
CPU
hanya dapat menyimpan data dan instruksidi register yang berukuran kecil
sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk
keseluruhan proses program. Untuk mengatasi hal ini, maka CPU harus dilengkapi
dengan alat penyimpan yang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.
·
Random Access Memory (RAM)
Semua
data dan program yangdimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih
dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat
diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram.Struktur RAM
terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang
dimasukkan
melalui alat input.
2. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua
instruksiinstruksi
program yang akan diakses.
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data
yang akan diolah
dan hasil pengolahan.
4. Output storage,
digunakan untuk menampung hasil akhir daripengolahan data yang akan ditampilkan
ke alat output.
·
Read Only Memory (ROM)
ROM
hanya dapat dibaca sehinggapemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke
dalam ROM.ROM sudah diisi
oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dariprogram-program
pokok yang diperlukan
oleh sistem komputer.Pada
kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM, yaitudengan cara memprogram
kembali instruksi-instruksi yang ada di dalamnya. ROM jenis ini berbentuk chip
yang ditempatkan pada rumahnya yang mempunyai jendela di atasnya.ROM yang dapat
diprogram kembali adalah PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat
diprogram satu kali dan selanjutnya tidak dapat diubah kembali. Jenis lain
adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan
sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang.Disamping itu,
ada juga EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang
dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.