Pages

Rabu, 19 Desember 2012

Perangkat Lunak Aplikasi


Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
2.2 Peran Perangkat Lunak
                Komputer hanyalah sekedar mesin yang tidak dapat melakukan tugas yang dikehendaki pemakai sekiranya tidak didukung oleh perangkat lunak (software). Komputer bukanlah teko ajaib yang dimiliki oleh aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan jin tersebut dapat diperintah untuk melakukan apa saja oleh tuannya.
                Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Dalam hal ini pembuatnya telah mengatur komputer sehingga komputer memenuhi kebutuhan pemakai. Program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft) ataupun perseorangan. Tentu saja, jika kita menguasai bahasa pemograman, kita juga bisa membuat sendiri program yang kita kehendaki.


2.3 Pengelompokan Perangkat Lunak
            Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem.
a.       Perangkat lunak aplikasi (application software) adalah program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik : misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
b.      Perangkat lunak sistem (system software) kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support sofware adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Contoh perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi (misalnya windows dan linux).
Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain-publik, shareware, freeware, dan rentalware. Pada perkembangan terakhir, terdapat pula tipe perangkat lunak yang dinamakan free software dan open source.


Tabel 1.1 Jenis perangkat lunak
Jenis
Keterangan
Perangkat lunak komersial
Perangkat lunak harus dibeli. Ada hak cipta
Perangkat lunak domain-publik
Perangkat lunak bersifat gratis dan tak ada hak cipta
Shareware
Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus-menerus. Seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja
Freeware
Perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali
Rentalware
Perangkat lunak yang dapat digunakan dengan cara menyewa. Ada hak cipta
Free software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai (sepanjang lisensi memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah
Open soerce
Serupa dengan free software. Hanya berbeda dalam filosofi.

Penjelasan lebih lanjut mngenai masing-masing jenis perangkat lunak di tabel sebagai berikut :
a.    Perangkat lunak komersial (commersial software) biasa juga disebut proprietary software adalah perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hukum karena ada hak cipta (copyright). Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa Izin pemegangnya. Perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali. Contoh perangkat lunak komersial adalah Microsoft Office dan Adobe Photoshop.
b.    Rentalware adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa. Sewa biasanya dilakukan pertahun. Contoh perangkat lunak rentalware biasanya adalah sejenis software yang penggunaannya hanya dalam jangka waktu tertentu dan tidak permanen, misalnya dalam menyelesaikan suatu project. Jadi apabila project yang dikerjakan telah selesai, maka perangkat lunak tidak lagi digunakan dan masa penyewaan pun habis. 
c.    Perangkat lunak domain-publik adalah perangkat lunak yang tidak disertai dengan hak cipta dan memungkinkan siapa saja berhak melakukan apa saja kedalam program tersebut, termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya sebagai karya ciptanya sendiri dan mengenakan hak cipta. Perangkat lunak seperti ini umumnya berupa kode sumber dan banyak dijumpai pada internet.
d.   Shareware adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bisa digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dilakukan evaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jika sesudah masa tersebut berlalu pemakai bermaksud tetap menggunakannya maka ia perlu membayar ke pembuat perangkat lunak tersebut. Berbeda dengan versi trial, shareware tidak memiliki batas kadaluarsa. Artinya, pemakai tetap dapat menggunakan perangkat lunak tersebut walaupun batas uji coba telah berakhir. Tujuan pembuatan shareware adalah untuk mendapatkan bantuan dana dari pemakai guna mengembangkan lebih lanjut.
e.    Freeware adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar dan digunakan tanpa batasan waktu. Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software). Berbagai alasan pembuatan freeware adalah (1) sebagai penarik bagi pemakai untuk membeli versi lebih lanjut (dengan fitur yang lebih lengkap) yang bersifat komersial, (2) pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai sehingga ia dapat mengembangkannya ke versi yang lebih bagus, (3) pembuat ingin menyebarkan karyanya supaya ia menjadi terkenal, dan (4) pembuat ingin membantu pemakai dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu tanpa membeli perangkat komersial.
f.     Free software adalah istilah yang dicanangkan oleh Richard Stallman (pendiri Free Software Foundation) untuk menyatkan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakan program tersebut dan program tersebut free software jika :
a.       Pemakai memiliki kebebsan untuk menjalankan program untuk tujuan apa saja.
b.      Pemakai memiliki kebebasan untuk memodifikasi program sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, kode sumber harus tersedia.
c.       Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan kembali salinan program baik secara gratis maupun dengan bayaran.
d.      Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistrisbusikan versi-versi program yang telah dimodifikasi sehingga komuitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan tersebut.
Tujuan dari Stallman adalah menciptakan kebebasan kepada pemakai dan menghindarkan pengontrolan program oleh suatu pihak.
Untuk menunjang kebebasan tersebut, Stallman menggunakan metode yang disebut copyleft terhadap perangkat lunak GNU yang ia kembangkan. Istilah ini adalah kebalikan dari istilah copyright. Copyleft juga menggunakan hak cipta yang memberikan hak kepada pemakai untuk menjalankan program, memodifikasi, hingga mendistribusikan versi modifikasinya, tetapi melarang menjadikannya sebagai program proprietary.
g.    Open Source dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimasukan untuk menghilangkan makna “free” pada “free software” yang ambigu karena dalam bahasa inggris kata tersebut memiliki arti yang bermacam-macam, yakni free dalam arti gratis ataupun free dalam arti kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak tentu perangkat lunak tersebut akan segera berevolusi menjadi ketingkat kesempurnaan.
Hak-hak yang disediakan dalam open source :
1.      Hak untuk membuat selain program dan mendistribusikan salinan tersebut.
2.      Hak untuk mengakses kode sumber sebagai syarat untuk bisa melakukan pemodifikasian.
3.      Hak untuk melakukan pengembangan terhadap program.
2.4  Istilah Versi dan Rilis
Versi (version) menyatakan perubahan besar pada perangkat lunak. Umumnya, versi dinyatakan dalam bilangan semacam berikut : 2.0, 3.0, 4.0, 5.0, 6.0, dan sebagainya. Terkadang notasi yang lain digunakan. Sebagai contoh micrsoft office, menggunakan kode tahun untuk menyatakan versi, sehingga terdapat office 97 dan office 2000.
Rilis (release) menyatakan perubahan kecil terhadap versi yang sama. Rilis bisa dinyatakan dengan angka dibelakang tanda titik. Contoh versi 4.0 bisa menjadi 4.1, 4.11, dan 4.12.
Berbicara tentang istilah versi beta, ada istilah lain yang memiliki kaitan dengan istilah ini, yaitu versi alpha dan versi rilis (release version). Sebelum versi beta muncul, pertama yang muncul adalah versi alpha kemudian diikuti dengan versi beta, dan disusul dengan versi release.
Istilah-istilah yang diebutkan di atas adalah istilah-istilah yang digunakan dalam penciptaan atau pengembangan suatu software. Istilah-istilah tersebut perlu digunakan karena akan berpengaruh terhadap kualitas dari software tersebut. Penciptaan atau pengembangan suatu software selalu ada tahap uji cobanya, bayangkan saja bagaimana kalau tidak ada uji cobanya alias langsung dirilis.
Versi Alpha (alpha version) merupakan tahap pertama dimana software itu dibuat dan diuji coba oleh pihak internal atau bisa dikatakan pihak yang memiliki wewenang penuh atas software tersebut. Sedangkan Versi Beta (beta version) merupakan versi yang muncul setelah versi alpha benar-benar selesai dimana pada versi ini software tersebut dalam tahap pengembangan lebih lanjut yang kebanyakan pihak yang menguji coba versi ini adalah masyarakat.
Jika kita memiliki software antivirus dan antivirus tersebut Anda download sendiri dari websitenya (bukan copy paste dari orang lain), mungkin Anda menemui tulisan “beta version”. Dari segi penguji cobanya dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Closed Beta (kelompok pengguna tertentu) dan Open Beta (semua orang tanpa pengecualian). Dengan adanya versi beta (beta version) ini pemilik software bisa mengetahui kekurangan atau kelemahan yang ada pada softwarenya karena versi beta ini bisa menjadi umpan balik untuk mengidentifikasi adanya bug atau error.
Setelah versi beta selesai maka software bisa menjadi versi release atau final version dimana software yang diujikan tadi tidak memiliki bug atau error dan siap untuk digunakan secara aman.
2.5  Antarmuka Pemakai
            Untuk interaksi pemakai dan komputer atau disebut antarmuka pemakai pada komputer di masa lalu dan pada masa sekarang telah mengalami perubahan secara total. Pada generasi awal, PC menggunakan antar muka yang dinamakan command-driven. Pada antarmuka ini, pemakai disuguhi dengan prompt shell dan pemakai perlu mengetik sendiri perintah yang dikehendaki agar komputer melaksanakan tugasnya.
            Untuk memudahkan pemakai, dibuatlah jenis antarmuka lain yang dikenal dengan sebutan GUI (Graphical User Interface). GUI mengandalkan piranti yang disebut mouse untuk melaksanakan pemilihan perintah yang dikemas dalam bentuk menu dan ikon. Klik, klik ganda (double click), tarik dan lepaskan (drag and drop), klik kanan, merupakan istilah-istilah yang diakrabi oleh para pemakai GUI.
            Antarmuka dalam bentuk yang lain juga mulai diterapkan. Sebagai contoh dimungkinkan untuk memerintah komputer dengan menggunakan suara ataupun kedipan mata.
2.6    Perangkat Lunak Aplikasi
            Perangkat lunak dapat digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti mengetik dokumen, memanipulasi foto, dan merancang rumah. Perangkat lunak aplikasi dapat digunakan menjadi :
a.       Perangkat lunak hiburan,
b.      Perangkat lunak pendidikan,
c.       Perangkat lunak produktivitas kerja,
d.      Perangkat lunak bisnis, dan
e.       Perangkat lunak khusus.
            Perangkat lunak hiburan mencakup program-program permainan (game), program untuk memainkan musik (misalnya winamp), dan program untuk memainkan film (misalnya window media player).
            Perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan, termasuk dalam kategori ini adalah program kamus, ensiklopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi. Adakalanya sebuah program menggabungkan kemampuan pendidikan dan hiburan sekaligus, perangkat lunak seperti ini biasa disebut edutainment. Banyak program untuk anak-anak yang mendukung unsur hiburan dan pendidikan.
            Perangkat lunak bisnis digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable) dan registrasi mahsiswa (sistem akademis).
            Perangkat lunak produktivitas kerja berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai. Beberapa golongan perangkat lunak untuk meningkatan produktivitas kerja tercantum pada tabel 6.2.


Tabel 1.2 kategori perangkat lunak penunjang produktivitas kerja
Jenis
Keterangan
Word processing
Untuk menciptakan dokumen atau membuat surat. Misalnya Word dan Abiword
Spreadsheet
Pengolah data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan penghitungan secara dinamis. Contohnya Microsoft Excel dan Start Office
Desktop publishing
Menangani pembuatan buku, surat kabar, dan iklan. Contohnya CorelDraw
Presentasi grafik
Untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau membuat diktat dan sekaligus dapat dipakai sebagai alat untuk presentasi, misalnya PowerPoint, Start Office Impress
Komunikasi
Untuk melakukan komunikasi antarpemakai secara elektronis, contoh: Microsoft Outlook dan Opera. Software ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronis
Personal informationManager
Mengelola informasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan
Manajemen data
Untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data atau informasi.

Diluar penggolongan diatas terdapat kelompok perangkat lunak produktivitas yang lain : misalnya yang tergolong sebagai statistika. (contoh SPPS dan microsoft star). Perangkat lunak penunjang produktivitas kerja merupakan perangkat lunak aplikasi yang umum dipakai orang. Mengingat pentingnya perangkat lunak seperti ini, perangkat lunak ini dibahas lebih lanjut.
2.6.1        Word Processing
Word processing atau pengolah kata adalah kelompok perangkat lunak yang fungsi utamanya adalah untuk membuat dokumen. Perangkat lunak ini memberikan kemudahan dalam memformat teks misalnya agar teks tertata rapi dengan rata di bagian kanan dan kiri, membuat teks tertentu ditebalkan atau dimiringkan, mengatur font (jenis tulisan, misalnya arial, times new roman termasuk ukurannya), bahkan memungkinkan untuk menambahkan gambar atau foto ke dalam dokumen. Kemampuan pengolah kata sangat bervariasi, sebagai contoh ada yang memberikan fasilitas untuk membuat tabel, membuat kolom koran atau bulletin, serta mengatur teks agar dapat ditampilkan ke dalam format HTML. Pengolah kata seperti Word mendukung fitur spellingchecker, grammar checker, dan thesaurus.
           Spelling checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan.
           Grammar checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan pada tata  
            bahasa.
           Thesaurus digunakan untuk mencarikan padanan kata.
2.6.2        Spreadsheet
Spreadsheet adalah satu halaman besar berisi tabel. Program aplikasi tabulasi dan pengolah data pada komputer. Contoh perangkat lunak aplikasi spreadsheet ini adalah Microsoft Excel, Quatro Pro. Spreadsheet ini juga biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Funsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu,  atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi pemrosesan dapat dilakukan dengan menggunakan macro, misalnya perhitungan bulanan.
Perangkat lunak spreadsheet mempunyai tampilan yang sangat khas, yaitu berupa sekumpulan sel. Setiap sel memiliki alamat yang dinyatakan dengan nama baris dan kolom. Tampilan spreadsheet tersebut terlihat nama barisnya dinyatakan dengan angka, sedangkan kolomnya dinyatakan dengan huruf.

2.6.3        Dekstop Publishing
Dekstop publishing adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh percetakan untuk menghasilkan produk cetakan seperti brosur atau kartu undangan. Umumnya perangkat lunak ini memepunyai kemampuan untuk menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak lain, misalnya dokumen dari pengolahan kata, gambar buatan yang dibuat melalui perangkat penggambar  seperti paint, dan gambar dari hasil scanner.
Contoh beberapa nama perangkat lunak dekstop publishing dapat dilihat pada tabel 6.3.
Tabel 6.3 Daftar dekstop publishing
Nama
Vendor
Corel Draw
Corel Corporation
Frame Maker
Frame Technology
InDesign
Adobe
Publsh it
Timeworks International
Publisher
Microsoft Corporation
QuackXPress
Quark
Ventura
Corel Corporation

2.6.4        Presentasi Grafik
Program perangkat lunak presentasi grafik berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Dengan menggunakan perangkat ini Anda dapat dengan mudah membuat bahan presentasi yang disertai dengan gambar, grafik serta mencetaknya ke dalam bentuk kertas atau plastik transparan. Apabila Anda menggunakan perangkat lunak ini untuk melakukan presentasi dengan menghubungkan komputer ke proyektor LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD ke layar presentasi, banyak fitur lain yang dapat Anda libatkan. Beberapa fitur yang dapat dilibatkan antara lain menambahkan animasi saat terjadi pergantian slide dan bahkan Anda juga dapat menyajikan film yang direkam dengan kamera video.
2.6.5 Komunikasi
Perangkat lunak komunikasi berguna untuk melakukan komunikasi antarorang melalui surat elektronis (e-mail).
Contoh beberapa nama perangkat lunak untuk menangani e.mail dapat dilihat pada tabel 6.4.
Tabel 1.4 Daftar perangkat lunak e-mail
Nama
Vendor
Perfect Office
Novel Corporation
Netscape Messenger
Netscape Communications
Outlook Express
Microsoft Corporation
Kmail
Koffice Team

2.6.6 Personal Information Manager
            Personal Information Manager (PIM) merupakan program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi. Perangkat lunak ini bermanfaaat untuk mengelola informasi yang berhbunga dengan jadwal, tugas, dan rekanan atau klien, dan keuangan.
            Contoh beberapa nama perangkat lunak PIM dapat dilihat pada tabel 6.5
Tabel 1.5 Daftar perangkat lunak PIM
Nama
Vendor
Commence
Jensen-Kones, Inc.
Computer Organizer
Impulse Software
Lotus Organizer
Lotus Development Corporation (IBM)
Microsoft Outlook
Microsoft Corporation

2.6.7 Manajemen Data
            Perangkat lunak manajemen data atau dikenal dengan sebutan DBMS (Database Management System) adalah program yang berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat. Beberapa contoh DBMS yang biasa dipakai oleh perseorangan dapat dilihat pada tabel 6.6.
Tabel 1.6 Daftar DBMS
Nama
Vendor
Access
Microsoft Corporation
Paradox
Novell corporation
Visual dBASE
Borland International
Visual Express
Computer Associstion
Visual FoxPro
Microsoft Corporation

2.6.8 Software Suite
            Software Suite adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah Microsoft Ofice, Lotus SmartSuite, seta StarOffice. Sebagai contoh, Microsoft Office merupakan produk yang terdiri atas sejumlah program seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access, dan beberapa program yang lain.

Tabel 6.7 Contoh beberapa software suite
Program
Microsoft Office
Corel WordPerfect Office
Sun StarOffice
Pengolah kata
Word
Wordpro
StarWriter
Lembar kerja
Excel
QuartoPro
StarCalc
Presentasi
Power Point
Presentations
StarImpress
Peronal Information Manager
Outlook
Corel Central
StarSchedule
Manajemen basis data
Access
Paradox
StarBase

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll

About